Monday, January 26, 2009

Facebook nga aman juga kok, trojan koobface menanti anda

kemaren gue dapat undangan dr teman fs gue, ngajak bergabung di facebook, karena di friendster dah banyak hackernya, trojan dan rogue malware di aplikasi aplikasi yang ada disana, bener juga seh friendster dah crowded dan banyak juga yg fake, tapi apakah di facebook aman, nga juga loh situs ini juga banyak masalahnya, terutama asalnya ya dari luar negri, karena ni situs mang bekennya disana tuh, kaya myspace deh, ok ada apa seh di facebook, yg perlu kita khawatirkan ? Sebenarnya seh ini pengalaman gue sendiri, pernah penasaran dan mencobanya, nga sampe kena seh account gue, siapa biang kerok yg gue temuin ini, namanya Koobface, bukan virus atau worm seh, dia sejenis trojan horse ( liat bag mengenal lebih jauh trojan horse ). Trojan horse koobface sebenarnya salah satu dari beberapa link2 palsu yang ada di facebook, makanya hati2 ya klo mau klik atau install plug in, di halaman facebook, banyak juga tuh.

CARA TROJAN KOOBFACE MENGINFEKSI ACCOUNT ANDA
Trojan koobface akan menyerang km dengan cara mengirimkan pesan lewat email atau fasilitas pesan yang ada di facebook, juga pada saat anda menemukan link palsu. Karena trojan merupakan software pasif, maka biasanya mereka meminta anda menginstall sesuatu, misalnya plug in, update player seperti flash, codec dan lain2. Contohnya saat km terbujuk untuk melakukan installasi update flash player, biasanya kan kalo update seperti ini, linknya akan ke arah website adobe flash player bersangkutan, akan tetapi untuk kasus ini dia akan menginstall secara mandiri, saat itu juga software trojan horse koobface akan masuk ke account km dan juga trojan ini akan membawa teman neh, dia akan otomatis mendownload software tinyproxy.exe dan program proxy lainnya, katanya seh trojan koobface ini mengandung bot, selaku komponen yang dapat menginstall aplikasi jahat lainnya pada saat yg berbeda, for these case gue belum selidikin, amatiran neh.

Saat trojan koobface telah menginfeksi account km, ibaratnya km akan menjadi agent pembawa trojan ini, dan secara otomatis akan mengirim pesan atau juga koment wall secara otomatis ke teman2 km, biasanya pesan ini akan mengandung sebuah ajakan, untuk melakukan sesuatu misalnya melihat video atau foto, mereka akan memberikan link pasif, kalo teman km penasaram trus nga sadar kena juga deh, nyebelin kan, gue juga ngalamin neh, untung sadarnya cepet wkwkwkwkw...... Ok untuk yang main facebook hati2 juga ya kalo ketemu sm link2 palsu atau ajakan2 untuk install plug in atau update, nga usah khawatir, jalan terus aja keep in this social community, walaupun gue sebel dikit, layoutnya susah dimodif seh, ada caranya belum coba, nanti ya postingnya kalo berhasil.

1 comments: