Sunday, January 25, 2009

Sekilas mengenai hsdpanet

Hsdpanet merupakan weblog ajang share ilmu atau apalah mengenai seputar masalah di internet, atau dunia maya ( gue nga tau kok si maya jadi terkenal gini ). Banyak sekali topik yang akan dibahas, based from pengalaman penulis dan beberapa share knowledge dari beberapa teman, pembaca, atau source2 lainnya. Mengapa demikian, karena saat ini pun gue masih dalam tahap belajar secara otodidak, liat wikipedia, blog2 lain atau website2 lain yang pastinya berhubungan apa yang terjadi di dunia internet ini, kalo ada salah2 dikit ya maafin aja, just a beginner juga seh.

Internet, wah sepertinya ini hal yang baru, kuno seh kalo buat pemain internet yang lama, maklum pendapatannya lebih lah, karena kan biaya buat ngenet cukup mahal, ya paling yg sedikit bokek seringnya nongkrong di warnet deh, pake tarif jam jaman, itu dulu... nah sekarang gimana, nga mahal2 banget kok, kenapa ? ya karena pemainnya banyak, hukum ekonomi kan, semakin banyak pemainnya, semakin banyak persaingannya dan tentunya harga sebuah jasa atau produk akan semakin kompetitif, sok tau ya gue, wkwkwkwkwkwkwkwkw....

Sebenarnya perkembangan teknologi lah yang sangat berperan untuk masalah ini, kualitas dan harga akan sangat ditentukan dengan teknologi yang digunakan, sekarang gimana dengan itikad pemerintah aja, mau bikin rakyatnya pinter apa nga, mau maju apa nga, begitu kan ? ok deh jadi kebanyakan ngoceh neh kaya dosen aja, postingan berikutnya gue mau menerangkan secara singkat mengenai internet, teknologinya saat ini, pemain2nya dan tentu harganya, kualitas serta jangkauan pelayanannya, nga banyak seh sekilas aja, males ah kalo sampai cari2 info lengkap, yang ada di kepala gue aja deh, mudah2han berguna buat semua orang. Oh iya kenapa seh gue namakan blog ini hsdpanet, hmmm sebenarnya seh susah juga cari nama blog atau nama website, dah banyak yang pakai seh, jadi cari2 aja deh, eh ketemu deh hsdpanet, hsdpa adalah teknologi transfer data secara wireless jadi lumayan deh cocok2 dikit kan.

INTERNET
Internet sebenarnya seh simple aja, kita akan menemukan sebuah media informasi baik dlm bentuk tulisan, gambar, video, aplikasi dan lain sebagainya. Media informasi ini terekam pada sebuah halaman yang disebut website, dulu seh dibuat dgn code2 html, dan bersifat statis, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, ya seperti sekarang ini, sangat aplikatif, ada interaksi dan lain sebagainya, semua halaman website ini disimpan di sebuah server yang satu sama lain mempunyai konektifitas, jadi kita bisa cari halaman website kemana aja seluruh dunia, tergantung konektifitas antar servernya

Di indonesia sebenarnya sudah lama seh teknologi internet, namun nga merata karena cost nya yg lumayan mahal, apalagi dulu providernya hanya satu telkom aja dgn speedy dan telkomnet instannya, pake teknologi dial up atau adsl. Karena pemainnya satu, ya udah deh harganya semaunya, kecepatan transfer datanya juga semaunya deh, dulu kan provider internet kaya PLN, ya mau gimana lagi.

Dulu ingat banget waktu adanya teknologi wifi atau apa seh lupa, waktu itu pak ono s purbo dan komunitas internet yg memperjuangkan jaringan broadband bebas yang sama pemerintah nga dibebaskan, udah deh ngumpet2 tuh komunitas nembak jaringan itu, kalo nga salah sempet di tangkep juga seh sama polisi wkwkwkwkwk, jiahhh dulu aja orang telp pakai voip nga boleh, katanya merugikan negara alias telkom, wew teknologi kan mempermudah kita, kalo akhirnya dagangannya rugi, ya resiko lah namanya juga dagang.

Tapi akhirnya lumayan juga seh pemerintah, kan udah reformasi dikit, yg korupsi seh kayanya jalan terus, regenerasi tuh, akhirya pita jaringannya dibebaskan, udah deh banyak yg bisa nembak langsung kesana pakai wifi, restoran dan kantor2 juga tuh... gimana dgn kita ya yg duitnya cekak, kan lumayan buat instalasi wifi, ya ada seh yg dinamakan rt rw net, tapi karena underground ya infonya nga kesebar luas deh, kasian juga ono s purbo perjuangin pita jaringan ini, karena yg pakai kembali orang2 tertentu aja.

SEKARANG GIMANA NEH ?
Sekarang gimana seh, susah dan mahal nga buat akses internet..hmmm nga juga kok, kembali teknologi yg mempunyai peranan dalam hal ini, semua pasti deh dah punya yg namanya hape, tukang bakso, tukang sayur punya tuh, so masa seh lo gunakan hape hanya buat telp ma sms, kan bisa buat internet, teknologinya dah banyak tuh dari gprs, edge, 3G dan hsdpa dah ada kok, trus providernya banyak, telkom sm speedynya yg mahal ? diemin aja dulu masih dial up dan adsl seh, nga mobile gitu loh..., tapi sebenarnya ada lagi seh teknologi yg lebih murah, namanya wimax, nanti aja deh diposting halaman lain, dah kebanyakan neh, bye.

0 comments:

Post a Comment