Monday, January 26, 2009

Panduan Praktis membuat sebuah blog

Untuk bagian ini gue mau coba ulas, bagaimana buat sebuah blog, blog ini semacam website ya, hanya saja dulunya dibuat untuk sebagai diari pribadi yg diperuntukan buat umum, biasanya disebut juga weblog, banyak sekali website2 yang menyediakan blog hosting gratis ini, lengkap dgn nama domain, dan fasilitas template yg gratis, di antaranya misalnya www.blogger.com, wordpress.com, multiply.com, blogsome, blog, bahkan beberapa website social networking juga menyediakan blog seperti friendster. Sudah dikatakan sebelumnya blog ini awalnya sebagai media tulisan diari, namun ke depannya sudah berubah, bahkan sudah dikatakan seperti website. Blog ini sekarang dijadikan media promosi, marketing, pembelajaran, dan lain2. Banyak sekali jenis blog ini, diantaranya seperti untuk photo photoblog, flikcr, shutterchance, atau videoblog dan juga audioblog seperti podcasting.

MEMBUAT BLOG DI WWW.BLOGGER.COM
Untuk saat ini gue mau membahas cara praktis membuat sebuah blog tulisan, gampang kok, tinggal ikutin aja disana, sebagai contoh kita akan membuat blog di www.blogger.com atau biasanya alamatnya akan diakhiri dgn kata blogspot. caranya mudah datang aja ke http://www.blogger.com pilih deh bahasa indonesia kalo nga ngertos bhs inggris wkwkwkw... trus disana ikutin perintahnya 3 langkah membuat blog :





  • buat account, masukan alamat email yg km punya, trus kasih password deh buat login nanti ke dashboard, jangan lupa namakan blog km, trus lanjutkan deh
  • berikan nama blog, kalo nama yg tadi akan tampil di browser aja, kalo ini nama yang akan ada di blog kamu, namain deh mau apa kek, trus buat nama domainnya, cek kesediaan, karena nama domain di seluruh dunia nga boleh beda, klo udah lanjutkan aja.
  • pilih template, blog km sebentar lagi jadi neh, templatenya awalnya dikit seh, nanti bisa kok diganti, pilih aja salah satunya, trus lanjutkan.
  • bloh km dah jadi deh, km bisa mulai blogging, langsung di arahkan ke bagian posting, udah deh bisa tulis blog km, bisa juga ditambahkan gambar dan video.

Trus disana akan ada yg namanya dasboard, itu tampilan account kita, kalo mau posting, atau mau edit tampilan blog, pada dasarnya ada 3 bagian dalam melakukan perubahan di blog ini, misalnya posting, tempat untuk membuat tulisan kita, trus ada bagian pengaturan, tempat melakukan setting blog kita seperti judul blog, deskripsi dan lain2, trus bagian terakhir adalah tata letak, disini akan terlihat layout blog kita, bisa juga kalo mau ganti font atau warna, edit html atau merubah template, klik aja yg akan km edit. Pada bagian layout juga bisa km edit tuh settingannya klik aja disana, trus yang uniknya lagi ada penambahan gadget. Gadget ini adalah alat tambahan atau fasilitas lain yg bisa km pakai atau tidak, sumbernya pun ada yg dari dalam blogger ini maupun dari luar, klik aja add gadget nanti akan keluar pop up windows buat mencari gadget yg km suka.

EDIT HTML
Mungkin bete juga ya kalo blog kita pakai template yg ada disana, wahhh banyak tuh yg pakai template tersebut, monoton, dan membosankan, untuk itu km bisa tuh melakukan edit html di bagian tata letak, gampang kok km liat aja code htmlnya biasanya pakai xml supaya dinamis,disana akan ada variabel untuk merubah backround color, primary layout, ukuran, link layout dan lain2, tapi tunggu ! kayanya nga semua bisa neh, sorri, malah buat km pusing, ya udah deh plan B kita ambil aja yuk template2 yang ada di luar website blogger ini, wahhh banyak tuh templatenya, bagus2 lagi nga kaya di blogger, pasti keren euy blog kita, km pilih aja deh trus copy paste deh code xml/htmlnya ok selamat mencoba, byee see u GBU.

2 comments:

  1. thanks infonya, bosan pakai template dari blogger

    ReplyDelete
  2. cara edit html atau pakai template bagaimana ?

    ReplyDelete